5 Tips Penulisan Agar Disukai Pembaca

writing1Agar sebuah tulisan diminati pembaca, maka diperlukan sebuah daya tarik tersendiri pada tulisan yang akan anda buat. Daya tarik akan menciptakan suatu kepuasan tersendiri bagi pembaca saat membaca tulisan anda.

Sebelum mulai menulis, hal pertama harus anda pikirkan adalah bagaimana cara untuk menarik perhatian para pembaca untuk membaca tulisan anda. Untuk bisa menarik perhatian pembaca, maka isi dari tulisan anda haruslah menarik.

Kali ini saya akan coba memberikan 5 tips penulisan agar diminati pembaca. Dengan memahami teknik penulisan yang baik dan benar, maka anda akan dapat menciptakan sebuah tulisan yang menarik dan diminati oleh orang banyak.

Jika penulisan dilakukan dengan benar, maka anda akan lebih mudah untuk menarik perhatian para pembaca. Sebab sesuatu yang menarik sudah pasti disukai semua orang.

Berikut ini 5 tips membuat tulisan menarik untuk dibaca :

1. Membuat Kejutan
Kejutan dapat menimbulkan rasa senang tersendiri bagi pembaca. Dengan adanya sesuatu yang tidak terduga, maka akan menghasilkan suatu penilaian tersendiri pada tulisan anda. Dengan begitu pembaca akan mendapatkan sesuatu yang berbeda saat membaca tulisan yang anda buat.

2. Membuat Tulisan yang Menghibur
Hiburan adalah salah satu kebutuhan manusia, tanpa hiburan manusia akan dilanda stress berat. Hiburan hukumnya mubah alias boleh-boleh saja.

Dengan menciptakan tulisan yang mampu menghibur, maka para pembaca akan sedikit lupa tentang masalahnya dan larut dalam tulisan anda. Dengan begitu tulisan anda akan disukai orang banyak.

3. Humor
Jika anda ingin tulisan anda disukai pembaca, maka coba anda sisipkan humor pada tulisan yang akan anda buat. Humor dapat membuat suatu hiburan tersendiri bagi pembaca. Hanya saja, humor yang anda buat jangan sampai mengandung unsur kebohongan karena ini tidak boleh dalam Islam.

Humor yang terselip humor dalam tulisan dapat membuat pembaca tersenyum dan merasa senang. Misalnya saat anda membuat cerita yang serius dan tiba – tiba terselip humor di dalam cerita tersebut, maka hal itu akan membuat pembaca terhibur dan menimbulkan rasa senang terhadap tulisan anda.

4. Sesuatu yang Baru
Menciptakan cerita yang baru yang tidak dimiliki orang lain akan menimbulkan rasa penasaran bagi pembaca. Sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan anda sampai akhir. Sebelum menulis maka pikirkan dahulu apa yang akan membuat tulisan anda berbeda dari orang lain.

5. Cerita yang Bagus
Hal yang membuat seseorang betah berlama – lama membaca sebuah novel adalah karena memiliki alur cerita yang bagus. Alur cerita yang bagus membuat seseorang penasaran dan ingin segera mengetahui kelanjutan cerita anda.

Menulis sesuatu yang baik dan berkualitas tidak semua bisa dilakukan oleh semua orang, diperlukan kreatifitas untuk dapat membangun suatu cerita yang menarik dan disukai orang banyak.

Semoga tips di atas membantu anda untuk menciptakan sebuah tulisan yang diminati orang banyak. Jika anda merasa butuh untuk bisa menulis dengan kreatif dan membuat tulisan yang disukai pembaca, maka anda bisa mencoba jurus jitu menjadi penulis di sini.