6 Tips Agar Menulis Menjadi Enak

Menulis adalah sebuah keterampilan. Semua orang berpotensi menjadi penulis jika sering berlatih dan bekerja keras semaksimal mungkin.

Menulis bisa dilakukan di berbagai arena. Anda bisa menulis di blog pribadi, mengirim artikel ke media massa, atau bahkan dengan hanya membuat catatan harian.

Jika Anda memiliki hobi menulis, maka tips berikut ini perlu Anda perhatikan saat memulai aktivitas menulis agar proses menulis tidak menjadi rumit.

  1. Usahakan jangan menulis sambil mengedit tulisan agar ide dan pikiran Anda dapat mengalir dan tertuang dengan lancar. Bila Anda menulis sambil mengedit tulisan maka bisa saja ide dan pikiran Anda mentok dan tidak mengalir dengan deras.

  2. Buatlah tulisan seakan-akan Anda sedang berhadapan dengan pembaca. Sebuah tulisan yang komunikatif sangat disukai oleh pembaca.

  3. Menulislah dengan ringkas dan tidak berbelit-belit. Upayakan setiap kata yang ditulis memiliki makna atau tidak ada kata yang sekedar menambah panjang tulisan.

  4. Lakukan pembagian paragraf dalam mengungkapkan suatu ide pikiran yang akan anda tuangkan. Dampaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan anda.

  5. Menulislah secara spesifik berdasarkan judul yang telah anda buat. Jangan menulis yang tidak nyambung dengan topik karena pembaca akan risih, kurang nyaman dan merasa tertipu.

  6. Tunjukkan integritas anda dengan menulis yang jujur. Menulis yang jujur akan membuat tulisan anda jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan anda.

Ok teman-teman, semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk bisa menulis dengan nyaman, enak dan nikmat.

Oya teman-teman.. bagi kamu yang serius ingin menjadi penulis yang kreatif dan produktif, kamu bisa mengikuti pelatihan menulis di www.KsatriaPena.com