7 Tips Menulis Artikel Hanya 20 Menit

writingBagi sebagian orang, menulis adalah hal yang membosankan, namun tidak bagi para penulis maupun blogger senior yang setiap hari mampu menciptakan artikel berkualitas hanya dalam waktu singkat.

Bagi orang yang sudah terbiasa menulis biasanya mereka memiliki tujuan dan ide yang sudah matang sebelum memutuskan membuat sesuatu.

Membuat sebuah tulisan artikel yang baik dan berkualitas tidak boleh di bawah tekanan, pemilihan waktu yang tepat akan mnciptakan ide yang tepat untuk artikel yang anda buat.

Namun kendala yang paling sering dihadapi seseorang yang belum terbiasa menulis artikel adalah waktu. Bagi seorang pemula, menulis 1 buah artikel bisa menghabiskan waktu berjam – jam.

Hal ini dikarenakan kurangnya persiapan yang matang sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan ide yang tepat untuk artikel yang akan dibuat.

Jika anda salah satu orang yang kesulitan menmukan ide untuk membuat artikel dalam waktu singkat, maka saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa anda gunakan agar mampu membuat artikel dengan cepat dan berkualitas.

Berikut saya memberikan tips menulis artikel hanya dalam waktu 20 menit :

1. Daftar Ide
Ketika inspirasi untuk menulis anda muncul, segera tuangkan pada notebook atau file word anda.

Bagi banyak blogger dan pembuat konten lainnya, menyempatkan waktu menemukan topik untuk menulis konten akan memakan separuh waktu anda.

Dengan membuat daftar ide menulis, memungkinkan anda untuk melompat ke postingan baru dengan cepat bila suatu saat Anda sudah siap untuk menulis.
2. Biarkan Ide-ide Anda Lepas
Tidak perlu ragu menggunakan ide cemerlang anda, biarkan inspirasi anda terbuka lepas. Hal ini akan membuka semua topik – topik yang memang anda kuasai.

Simpan dengan baik topik-topik yang sama selama beberapa hari, sehingga anda dapat menambahkan dengan mudah ide-ide baru pada artikel yang ingin ditulis. Dengan demikian, ketika anda siap untuk menulis, anda akan memiliki semua info pendukung yang anda butuhkan.

3. Langsung Anda Mulai
Anda mungkin punya banyak ide menulis saat ini, langsung saja anda mulai menulis.

Akan tetapi jangan gunakan tambahan ide pendukung yang tidak sesuai dengan topik utama dari artikel.

Anda selalu dapat menggunakan ide-ide anda, jangan suka menunggu untuk segera menulis dan memposting artikel anda.

4. Gunakan Poin-Poin
Poin-poin seperti “10 Cara Mendapatkan Pelanggan Lebih Cepat”, bisa membuat menulis artikel jauh lebih sederhana dalam hal penulisan, karena anda tidak lagi harus mencari tahu transisi atau selingan dari satu ide ke ide berikutnya.

Dan dari sisi lain bermanfaat besar terhadap si pembaca karena pembaca akan melihat daftar dan mereka akan lebih mudah untuk mengikuti alur artikel yang dibacanya.

5. Jaga Agar Tetap Pendek
Jika Anda ingin menyelesaikan artikel yang dalam 20 menit, cobalah untuk tetap di bawah 500 kata.

6. Kembali Lagi Nanti
Jika ide anda menemukan kata buntu, jangan mencoba untuk memaksa. Simpan artikel tersebut dan mulai mengerjakan artikel yang lain untuk sementara waktu.

Anda bahkan dapat beralih dari satu posting blog ke posting yang lain, jangan menghabiskan banyak waktu untuk memaksakan harus selesai pada masing-masing artikel tersebut.

Biarkan ide datang kepada anda dengan sendirinya. Ini adalah teknik untuk lebih menghemat waktu.

7. Jangan Pernah Menyimpan Ide yang Baik
Ketika muncul ide menulis artikel yang bagus, jangan menyimpannya untuk dikerjakan nanti. Jika anda sering menunda-nunda menulis ide artikel yang bagus, maka boleh jadi saat anda mau menulis, ide tersebut sudah terbang entah ke mana.

Jangan terlalu pede bahwa ide menulis artikel yang brillian bisa dengan mudah datang kepada anda. Sebaiknya segera tuliskan ide cemerlang tersebut bila memang Anda serius ingin menghasilkan artikel yang berkualitas.

Hal yang terpenting yang harus anda perhatikan adalah waktu dan mood anda sendiri. Ketika waktu senggang tanpa banyak aktivitas dan pikiran sedang tenang, maka ide yang akan keluar akan lebih mudah ditemukan.

 

Ok sobat, semoga tips di atas bermanfaat bagi anda yang ingin pintar menulis artikel. Berawal dari kemahiran menulis artikel, maka bisa saja artikel yang Anda tulis berubah wujud menjadi buku best seller. Amin.