Bahaya setelah lulus UN

Adek-adek SMA yang baik hati, taat pada guru, dan rajin menghormati orang tuaAtas alasan apa baju putih kalian setelah lulus dicorat-coret hingga seperti peta dunia?
Corat-coret baju tidak menambah nilai kalian, apalagi meningkatkan kesuksesan, yang ada malah nambah pekerjaan dan menghabiskan waktu

Mendingan kalian “corat-coret kertas” untuk merencanakan apa yang adek-adek lakukan setelah lulus SMA
Lulus SMA bukan berarti merdeka dari tekanan hidup
Tidak-tidak-tidak adek!
Justru kalian akan menghadapi tekanan sistem pendidikan kapitalistik dan sistem kehidupan sekularisme yang menyengsarakan manusia.
Adek-adek yang saya banggakan
Kalian akan dihadapkan dengan dua pilihan saat udah lulus:1. Tidak melanjutkan sekolah
Jika ga lanjut sekolah karena alasan biaya, udah nikah, nggak punya minat akademik, bahkan juga trauma dengan sistem pendidikan maka itu adalah pilihan adek. Tapi ingat, semua pilihan ada resikonya.Nah dari pada habisin waktu untuk hura-hura kelulusan mendingan sekarang siapkan mental hadapi resiko itu. Jangan kelulusan hari ini membuat kalian berhura-hura hingga bisa menghancurkan masa depanmu. Tak sadar kadang hura-hura sehari itu bisa berdampak pada jangka panjang2. Lanjut kuliah
Bagi yang lanjut jejang pendidikan lagi jangan mengira cobaannya sedikit. Justru disini adek-adek menghadapi cobaan yang lebih besar lagi. Cobaan itu bermacam-macam tergantung kebutuhan.Misalnya tantangan biaya kuliah.Adek-adek juga dihadapkan dengan pilihan yang mengaburkan cita-cita awal saat kuliah. Seperti apa tuh? Ya masalah pacaran.Sudah banyak kasus adek-adek, yang hancur gara-gara pacaran. Jangan menambah jumlah korban itu ya.

Bagi kamu yang lulus sekarang, mendingan sekarang kumpul dengan teman-teman atau pulang dirumah sendiri. Lalu rencankan apa yang dilakukan. Jangan lupa sujud syukur, ucapakn termakasih pada guru, cium tangan ke dua orang tua, lalu siapakn dirimu untuk belajar Islam. Hanya dengan Islamlah yang mampu menjaga adek-adek.
Selamat berjuang adek-adek 

La Ode Munafar