Cara Membuat Judul Menarik (Bagian 1)

Membuat judul tulisan tidak hanya berpatok pada isi tulisan, tapi juga bagaimana mempunyai nilai market di pasar. Realitanya banyak isi tulisan menarik, tapi tidak semua orang membeli/membacanya karena dari segi judul belum mampu memberikan sugesti. Untuk itu penting sebuah judul yang kadang “Aneh” agar orang bisa tertarik membaca/membeli.

Namun sebagai penulis tidak hanya berpatokan judul yang menjual namun kesesuain dengan isi. Untuk itu sebagai seorang penulis penting bagaimana membuat judul yang mempunyai aspek market dan aspek kesesuain dengan isi. Bagaimana caranya? Ada tips yang bisa kamu gunakan, kali ini saya berikan 1 tips aja (hhee..heee, biar penasaran dan selalu update dengan halamannya).

Tips pertama adalah dengan mengambil dari plesetan judul yang sudah terkenal dan booming dipasaran. Misal saat menulis soal obat yang kian mahal, bisa membuat judul “Ada Apa dengan Obat Mahal?” (Plesetan film Ada Apa dengan Cinta?). Bisa juga “Alangkah Mahalnya Obat di Negeri Ini” (plesetan dari film Alangkah Lucunya Negeri Ini).

Perlu diketahui untuk plesetan tidak hanya dari judul buku yang terkenal tapi dari judul film juga, judul lagu, termasuk pribahasa yang terkenal. Contoh plesetan pribahasa, Bersakit-sakit Dahulu, Bangkrut Kemudian (plesetan dari peribahasa Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian).

Saya juga pernah membuat buku dari plesetan judul sinetron yang terkenal. Judul buku saya “Suami Yang Tertukar” plesetan dari sinetron “Putri Yang Tertukar”. Hasilnya gimana? WOOOOH banget kawan-kawan. Buku saya ke 11 ini tidak hanya dikejar oleh remajanya tapi ibu-ibunya pun mengejar buku ini, hingga dalam waktu saingkat cetak 2 kali. Bagaiman gampangkan cara pertama ini? Kamu pasti bisa deh. 9 tips membuat judul lainnya nanti saya sampaikan lagi yah.

 

Suami Yang Tertukar

Penulis : Ksatria Pena, La Ode Munafar