Cara Simpel Menjadi Penulis Handal

nulisGencarnya perkembangan teknologi informasi saat ini membuat profesi sebagai penulis ataupun blogger menjadi sebuah pilihan karir yang keren.

Berbeda dengan dulu, banyak orang yang bilang bahwa menjadi penulis tidak memiliki masa depan yang jelas. Bayarannya sedikit, dan tidak mungkin menjadi orang kaya.

Jika seseorang menulis dengan tujuan utama menjadi kaya , maka hal ini sangat rentan kehilangan semangat dan gairah.

Namun jika kita menulis dari hati dan berdasarkan passion, seraya ingin berbagi manfaat dan karya kepada orang lain, maka justru bisa menghasilkan materi luar biasa yang tidak terduga.

Sebenarnya untuk bisa mahir menulis tidak susah-susah amat kok. Mungkin kamu ingin bertanya, apa sih yang membedakan seorang penulis hebat dengan penulis yang biasa-biasa saja? Hmm baiklah, berikut ini akan saya berikan dua cara sederhana untuk menjadi penulis hebat dan luar biasa.

Ada sebuah ungkapan dari Stephen King, “If you want to be a writer, you must do two things above all others: read a lot and write a lot.”

Jika kita ingin menjadi penulis, maka lakukanlah dua hal: banyak membaca serta banyak menulis. Banyak dari kita yang ingin menjadi penulis, namun malas membaca, apalagi menulis.

Memang benar ada teknik lain agar kita bisa menjadi seorang penulis hebat, namun dua hal di atas adalah teknik yang paling mendasar.

Pertama, banyak membaca. Seorang penulis hebat umumnya adalah seorang yang sangat doyan membaca. Bacaan merupakan bahan baku dari tulisan yang akan kita buat. Semakin banyak bahan baku yang kita miliki, maka semakin banyka pula tulisan yang bisa dihasilkan.

Yang kedua adalah banyak menulis. Ya, tulis saja apapun yang terlintas di kepala kita. Saran saya, untuk tahap awal tuliskanlah dulu apa adanya. Tidak perlu pusing bin galau memikirkan editing atau tata bahasa, apalagi EYD.

Hal yang sangat penting sebenarnya adalah bagaimana cara kita mengkomunikasikan gagasan melalui tulisan tersebut. Teruslah berlatih dan berlatih dengan tekun. Sebaiknya alokasikan waktu khusus untuk menulis setiap hari, entah itu di atas kertas, menulis diary, blogging, atau mengirimkan artikel ke media massa.

Ok guys, gimana perasaan kamu sekarang? Demikianlah dua jenis amunisi yang harus dimiliki bila kamu benar-benar ingin jadi penulis handal. Saya harap kamu semakin menggebu-gebu untuk melahap berbagai bahan bacaan, lalu terus berlatih menulis biar tulisan kamu makin hari makin kinclong. Itu..!!