Inspirasi Bedah Buku Kocak-kacik Hasan-husen

Kocak-kacik

Kisah inspiratif seorang penulis yang terlahir dari sosok pemuda yang penuh dengan atraksinya yang unik melahirkan ide yang luar biasa bagi penulis tersendiri. Kesederhanaannya seorang anak yang mungkin tidak terlalu dianggap keberadaannya. Keunikannya dari gaya berbicara, bergaya dalam menceritakan kejadian yang berkaitan tentang dirinya. Mungkin saya sendiri juga tidak terlalu mengenal ataupun tahu tentang seorang bernama hasan ini.akan tetapi saya baru mengenalnya ketika buku hasan-husen diterbitkan, dan ketika saya melihat posternya ditempelkan di papan pengumuman kampus.

Penggambaran tingkah aneh yang mengesankan , ketika dia menceritakan dengan stand up comedynya membuat suasana asyk. Tidak hanya itu pembaca dibawa pikirannya  secara alami menuju pembahasan yang Islami. Cerita comedy bisa tampil dengan gaya Islami dengan kata yang sangat sederhana. Cerita yang penuh keunikan, dan keren pisan euy, dan tidak lupa dengan Ideologinya. Mengaitkan cerita comedy dengan ideologi Islam agak sangat menyulitkan, tapi dengan bantuan dari hasan ceritanya bisa terseleseikan.

Ditengah hiruk-pikuk, debu-debu permasalahan di negeri ini, penulis menggabungkan ide yang dia dapatkan ketika bersama dengan hasan. Ketika hasan menceritakan setiap tingkanya ketika berada diluar, dikejar polisi, kehabisan bensin diceritakan dengan gaya yang kocak. Akhirnya penulis berinisiatif membuat buku tentang hasan, agar para pembaca tidak terlalu jumut dengan kondisi di negeri ini. Mengangkat derajat pemuda yang tidak berdaya makin tidak berdaya,akan tetapi inilah yang membuat dia menjadi berarti dalam hidupnya. Inspirasi ada di sekeliling kita, maka menulislah dari apa yang kita amati, bisa hal pribadi, teman kita ataupun tempat dimana kita tinggal. Inilah yang saya tangkap dari acara bedah buku “kocak-kacik” Hasan -husen yang di selenggarkaan oleh Gaul Fresh yang bertempat di hamfara. Yang langsung dipaparkan oleh penulisya sendiri ”La Ode Munafar”.

 

Nopia dian suciani

Kampus STEI Hamfara Yogyakarta