Tangisan Wanita Jahiliyah VS Tangisan Bidadari Surga

Sudah fitrah sebagai wanita ia mudah menangis. Tapi dari segi jenis menangis ada yang beda loh. Ada yang menangis dengan berteriak keras, ada yang menangis sambil menahan suara, ada juga yang menangis sambil ketawa. Uuupss gimana tuch? He..hhe

Maksud saya gini..! Antara wanita yang biasa saja dan wanita beriman ada perbedaan penyebab menangisnya. Wanita biasa menangis jika mengalami kegagalan dalam meraih harapan duniawi. Padahal harapan duniawi tersebut kadang justru mencelakakan di akhirat.

Memang realitanya banyak wanita menangisi karena urusan dunia yang dianggapnya kebenaran lalu dipuja dan diperjuangkan. Padahal apa yang telah diperjuangkannya tadi sebuah kesalahan yang dianggapnya sebagai kebenaran. Bahkan lebih sial lagi, apa yang telah dipuji tadi sebenarnya justru mencelekakan dirinya di dunia maupun di akhirat. Jadi mohon maaf jika ada wanita seperti ini saya sebut wanita jahiliyah modern. Kenapa? Sebab terbodohkan oleh zaman Abad 21.

Salah satu contoh saat kasus konser Boy Band asal Korea Selatan, Super Junior (SuJu), di Twin Plaza Hotel, Jakarta Barat, Sabtu, 7 April 2012 lalu. Sebagian calon penonton kehabisan tiket sehingga sejumlah pengantren menangis hingga pingsan. Oouuh…turut berduka cita deh!

Lain halnya wanita yang beriman mereka adalah bidadari surga yang menangis karena takut pada Allah Swt. Mereka memahami kebiasaan wanita sholehah selalu menangis sebab mengakui banyak keutamaan menangis. Diantara keutamaan tersebut seperti Sabda Rasulullah Saw. Dari Abu Hurairah, di berkata, Rasulullah bersabda, “Tujuh macam orang yang akan dinaungi Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungannya.” Kemudian disebutkan salah satunya adalah, “… dan seorang yang mengingat Allah dalam kesendiriannya, lalu kedua matanya berlinangan air mata.” (HR. Bukhari dan Muslim

Selain itu wanita Sholehah menangis juga karena berharap bisa selamat dari api neraka. Sebab sadar juga bahwa betapa panasnya Api Neraka. Dari Abu Hurairah, Rasul bersabda , “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allah, sehingga air susu kembali ke dalam kantong susunya. Dan debu (jihad) di jalan Allah tidak dapat berkumpul dengan asap jahanam.” (HR. Tirmidzi an An-Nasa’i)

Begitulah perbedan wanita Sholeh dan wanita yang terbodohkan oleh zaman modern (jika tak mau disebut wanita jahiliyah). Harusnya wanita sadar bahwa setetes air mata sangat berharga. Air matamu bisa menentukan masuk surga atau bisa neraka. Menangis karena takut pada Allah Swt bisa jadi surga. Namun menangis karena mengidolakan sosok yang tidak taat pada Allah Swt bisa jadi celaka di akhirat.

Untuk itu jangan kamu keluarkan air matamu untuk sesuatu yang justru membuat kamu menangis pula di akhirat. Keluarkanlah air matamu karena takut pada Allah. InsyaAllah di akhirat bisa bahagia. Kiranya kamu bisa membedakan dan memahami maksud saya wahai bidadari dunia dan bidadari surga.

Penulis : Ksatria Pena, La Ode Munafar